Tuesday, September 24, 2013

SUNTIKAN NYAWA UNTUK BLOG YANG MERANA




Kayaknya, hidup cuma buat ngelamun dan nonton tivi tuh pembuangan waktu banget ya? Jadi, aku mencoba untuk mencari jalan lain biar lebih eksis. Salah satu caranya lewat blog.
Kegiatan ini baru aku mulai sejak Maret 2013 karena sebuah Giveaway. Yap, alasan di atas adalah alasan point kedua. Point kesatunya karena banyaknya giveaway yang mengharuskan menggunakan blog. Akhirnya, aku belajar blog sedikit demi sedikit. Setelah itu, aku keterusan untuk main blog.
Memang semua orang bisa bikin blog, namun nggak semua orang bisa bikin blognya eksis dan hidup. Kasih acungan jempol dua, deh buat para blogger yang bisa mengupdate blognya secara berkala. Buat yang bikin blognya eksis dan banyak pengunjungnya kasih teriakan ‘suit…suit’ pake suara toa dan standing uplous. Buat yang bisa ngasilin uang dari ngeblog kasih peluk dan cium dariku deh. Hehehehe
Tapi, semua itu perlu perjuangan, perlu pengorbanan, dan tentunya perlu kreativitas. Tanpa 3 hal itu, yakin banget, blog cuma buat isi daftar identitas doang di giveaway. Huhuhu…kasihan banget blognya.
 Emang sih ada aja alasan buat nggak sempat ngeupdate blog. Dari numpuknya tugas kuliah atau kerjaan kantor, sampai karena malas. Huft, sebenarnya itu cuma bagaimana kita pinter-pinternya mengatur waktu saja, kok!
Contoh ngatur waktu yang kumaksud itu kayak gini, 24 jam 1 hari. Setidaknya sisihkan 1 jam saja buat nulis bisa ‘kan? Kalau masih kesulitan, ada 7 hari dalam 1 minggu, sisakan 4 jam dalam 1 minggu itu untuk menulis. Dari beberapa jam itu, kita sudah bisa memberi nyawa untuk blog kita. Kalau nggak bisa juga, mending hapus tuh akun blog kamu, lupain main blog, dan cari aja kegiatan lain.
Cara lain adalah membuat sebuah tulisan dari apapun yang kita suka. Seperti, kalau kita suka nonton film, kita bisa bikin komentar tentang film itu di blog kita. Kalau suka baca, bikin reviewnya. Kalau suka nulis, bikin karya yang bisa di tampilkan. Pokoknya, sesuaikan saja blog itu dengan diri kita. Seperti aku, aku sangat suka baca buku, jadi hampir sebagian besar postingan aku tentang resensi buku. Aku juga suka nulis, makanya ada beberapa flash fiction juga.
Oh, ada satu lagi cara yang bisa dibilang “menyelam sambil minum air”, bikin blog terupdate dan menghasilkan. Caranya adalah ikut giveaway yang mengharuskan kita bikin tulisan di blog. Nah, ikuti tema dari giveaway itu, dan menangkan hadiahnya. Itu cara paling seru, lho! Nantinya, kalau nggak menang, setidaknya ‘kan kita bisa bikin blog kita sedikit punya nyawa. Bener…bener…atau bener?
Oke, pesan buat blogger yang baca tulisanku.
Menulis itu seperti bicara, nggak ada yang sulit dalam menulis. Jadi, luangkan waktumu untuk berbicara dalam tulisan. Sematkan dia dalam blogmu, maka dari itu apa yang kau bicarakan mungkin bisa bermanfaat bagi pembacanya. Tetap semangat ngeblog. Happy Blogging!!!

Cerita ini diikutsertakan dalam 2nd Give Away Ikakoentjoro’s Blog >> http://ikakoentjoro.com/my-2nd-giveaway/

3 comments:

  1. Aku juga suka ikutan GA buat nambah postingan. Makasih partisipasinya ya ^^

    ReplyDelete
  2. *usaha biar bisa dapet $ dari blog, biar bisa dapetr peluk cium* :3

    ReplyDelete
  3. Kak Ika : Sama2 Kak. :D

    Andre : Hahaha... semangat! Peluk cium menanti, tapi dari...em, siapa ya?! :D

    ReplyDelete

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos