Monday, June 3, 2013

RESENSI - MISS PESIMIS : Cinta tak pernah tepat waktu




Sebuah novel fiksi keluaran Gramedia Tahun 2010, sebuah Metropop yang ditulis oleh salah satu penulis yang ku kagumi Mbak aliaZalea.
Mungkin ceritanya yang bertema cinta lama yang begitu melekat di hati sampai bertahun-tahun tak hanya aliaZalea yang bercerita. Namun, cara membawakannya harus diacungi jempol, tidak membuat pembaca bosan dengan tema ini. Dan untuk covernya memang terkesan biasa, tapi jangan pernah lupa dengan sebuah ungkapan Don't Judge a Book by Its Cover karena ungkapan itu sangat benar untuk novel ini.
Isi novel ini tentang cewek bernama Adriana Amandira usia 30 tahun yang masih juga belum bisa melupakan laki-laki yang bisa dibilang cinta pertamanya saat dia SMP, Thomas Baron Iskandarsyah. Kemudian saat dia kembali ke Indonesia, dia memiliki teman sekantor Ervin Daniswara yang sejak pertama bertemu Adri langsung tertarik dengan tingkah polahnya di dalam lift saat pertama kali masuk kerja. Mereka semakin dekat saat melakukan training di Cincinnati, dan sangat semakin dekat sampai menimbulkan gosip di kantor saat mereka kembali ke Jakarta. Yap, mereka digosipkan menjalin asmara.
Tapi, tidak, itu sama sekali tidak benar, Ervin memiliki kekasih, dan kekasihnya itu selalu bergonta ganti seperti ganti underwear itu bahasanya si Adri. Dan menurut Adri, dia bukan tipe cewek yang disukai Ervin. Dia hanya akan menjadi semacam date for rent kalau si Ervin kehabisan cewek. Hem, mengenaskan.
Namun, dugaannya ternyata salah. Diam-diam Ervin selalu merasa kangen sama Adri, dan dia baru menyadari kalau dia benar-benar sudah jatuh hati pada Adrinya ini saat di Hard Rock, saat Ervin tahu cinta mati sahabatnya Tom alias Baron, alias Thomas Baron Iskandarsyah alias lagi orang yang sudah memporak porandakan kisah cinta Adri. Orang yang membuat Adri tak bisa mencintai laki-laki lain selain Baron, adalah Adriana Amandira. Saat itu juga pagar beton tinggi mulai disusun Ervin untuk menjauhkan Adri dari Baron. Dan itu membuat Adri menilai Ervin mulai aneh, tapi tak ada fikiran sedikitpun kalau laki-laki itu mencintainya.
Suatu hari, Baron menyadari kalau dia menginginkan Adri dengan status dia akan menikah dengan Olivia, apalagi dalam pertunangannya dengan Oli terjadi masalah. Dia memutuskan membatalkan pernikahannya dengan Oli dan lari ke Adri. Dengan otak yang masih waras tapi hati hancur lebur, Adri malah menyatukan kembali cinta Baron dan Oli.
Kemudian, dia lari ke Lembang  berkat ide Ervin. Di sana dia memutuskan meninggalkan prinsip-prinsip seorang Adriana Amandira, dia akan menjadi wanita yang berbeda untuk melupakan Baron. sebuah ide gila muncul di otaknya, ide tentang one night stand. Sebuah ide dimana Adri akan mencari pelampiasan cintanya pada Baron, dan ini menyulut emosi Ervin. Dia tak rela Adri disentuh laki-laki lain.
Lalu, ide gila itu malah berakhir dengan Ervin yang mengambil kevirginan Adri.
Dan parahnya lagi, itu berakibat Adri hamil. Kehamilan yang disembunyikan dari Ervin yang menurutnya tak punya kwajiban untuk bertanggung jawab. Dengan dukungan kakaknya Tita dan kedua orang tuanya, Adri mulai menyiapkan diri menjadi orang tua tunggal.
Namun, karena sebuah kejadian di rumah sakit, Tita tak sengaja cerita kisah hidup adiknya pada kedua saudara Ervin. Jadilah Ervin diamuk sama kakaknya. Ervin yang saat itu ada training di Cincinnati untuk naik pangkat menjadi kepala divisi Business Development, jelas saja bingung. Menyadari rahasia besarnya diketahui Ervin, Adri kabur ke KL, dengan alasan menghadiri pernikahan Eddi.
Tapi ternyata Ervin mengetahuinya dan menyusulnya kesana, dan jalan keluar mulai terbuka. Kenyataan demi kenyataan keluar dari mulut mereka masing-masing walau dengan teriakan, dan keputusan gila Adri yang tetap mau kabur dari Ervin. Tapi, semua tetap terselesaikan dengan manis.
Kemudian, setelah Ervin menyelesaikan trainingnya di Cincinnati, semua skenario hidup Adri mulai ditata ulang. Dia menerima lamaran Ervin, mempersiapkan kelahiran putri mereka, dan tentunya menyiapkan pernikahan mereka yang disusun mendadak. Dan pesta itu berjalan lancar yang dihadiri beberapa orang kantor Adri, keluarga kedua mempelai, teman-teman dekat Adri, bahkan Olive dan Baron hadir disana. Saat itu Adri hamil besar, tapi tak meredupkan niat Ervin untuk mengadakan pesta pernikahan sederhananya itu, baginya Adri yang perutnya buncit itu terlihat seksi. Hem... Cinta yang manis.
Mungkin inilah ciri khasnya mb Aliazalea kalau nulis novel. Ringan, nyaman, mudah diterima, dan memikat walau tidak membuat yg membaca histeris atau mengeluarkan emosi, tapi menghibur. Untuk karakter tokohnya, Aku cukup suka, dan sangat suka dengan karakter Ervin. Lagi-lagi Mbak aliaZalea mampu membuatku jatuh cintrong dengan karakter cowoknya. Ervin yang playboy, kadang bisa begitu emosional, tapi bisa jadi cowok humoris, menghibur dan sangat manis. Hem, tipe cowok yang menggiurkan jika playboynya hilang...hahahaha. It's Oke, Playboy membuat novel ini semakin menarik, jangan dihilangkan. Dan karakter Adriana, benar-benar pesimis seperti judulnya. Walaupun si Ervin sudah ngotot bilang dia cinta sama Adri, tetep aja dia pesimis kalau dia bukan tipe ceweknya Ervin, keterlaluan. Tapi tindakan-tindakan Adri yang penuh kejutan sangat menghibur, bagaimana dia yang nggak egois dan melepaskan baron, dan keputusan menyembunyikan kehamilannya karena takut Ervin nggak siap jadi ayah dan nggak ingin menikah dengannya itu sangat luar biasa. Kira-kira ada nggak ya cewek kayak dia di dunia nyata? Mau tahu aku.
Dan, kejutan lainnya di novel ini ada si Tita dan Reilley tokoh di Blind Date muncul kembali dengan kelanjutan kisah mereka yang akhirnya memutuskan tinggal di Jakarta dan anak mereka udah lahir cowok. Hemm... sebeneranya saat membaca tokohnya punya panggilan lain selain Adri, yaitu Didi. Aku sadar kalau ini pasti adiknya Titania Larasati di Blind Date. Namun, nggak nyangka kisah Blind Date diselipin disini. Keren...keren...
Dan, karena novel ini yang ringan dan nggak perlu mikir banyak-banyak sama alur ceritanya, maka aku rekomendasikan banget buat para pembaca yang nggak suka sama novel yang ribet dan penuh teka teki silang. Karena simpelnya novel ini, aku hanya perlu setengah hari untuk menyelesaikannya.
Dan, aku tak akan berfikir lama untuk menyematkan 3 bintang dari 5 bintang untuk si cakep Miss Pesimis ini.
Hehehehe.... buat yang tertarik, selamat berburu novelnya dan selamat membaca.

1 comment:


  1. novel yang mengajarkan bahwa cinta tak hanya harus melirik masa lalu tetapi berpandang ke depan yang ada di depan mata..









    numpang nitipin link aku yaa..kalau mau berkunjung juga boleh..
    obat kista tradisional.
    obat pelangsing herbal.
    thanks before..

    ReplyDelete

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos