Saturday, February 6, 2016

[Review] RULES OF ATTRACTION “Peraturan yang merubah segalanya”



Penulis : Simone Elkeles
Penerjemah : Angelic Zaizai
Penerbit : Laluna and Friends
Genre : Romance, Fiksi
Kategori : Young Adult, Gangster, Terjemahan
Terbit : November 2013
Tebal : 397 hlm
ISBN : 978 – 602 – 971 – 977 – 2
Harga : Rp. 58.000
Carlos Fuentes harus menerima dengan berat hati bahwa dia akan dikirim ke Amerika kembali untuk tinggal dengan kakaknya, Alejandro Fuentes, demi keselamatannya.
Di hari pertama dia sekolah, Carlos bertemu Kiara Westford, gadis yang bukan seleranya sama sekali. Sepertinya, Kiara mengenal kakaknya. Karena itu, Carlos tidak heran jika Kiara-lah yang mendapat tugas menjadi pemandu-nya untuk mengenal lingkungan sekolah. Carlos tidak butuh pemandu. Dia sering membuat Kiara merasa kesal dengan tingkahnya.
Seorang gadis bernama Madison kembali membawa Carlos ke dekat dunia gengster. Dia yang sudah lama diincar harus masuk perangkap mereka. Di dalam loker Carlos ditemukan narkoba. Carlos hampir masuk penjara jika Profesor Westford tidak menolongnya. Sebagai konsekuensinya, Carlos harus mau tinggal di rumah Westford dan mengikuti program REACH.
“Percaya atau tidak, secara naluriah manusia ingin meraih kesuksesan.” – Mr. Kinney – hlm. 143

Rumah itu penuh dengan aturan, dan Carlos jelas tidak suka. Apalagi, dia harus lebih sering berurusan dengan Kiara Westford. Perlahan, rasa itu tumbuh. Namun, Carlos bukan orang yang pantas untuk Kiara – dia sangat sadar itu. Apalagi, dia sedang terancam bahaya. Carlos tidak ingin Kiara, keluarga Westford dan juga Alex terkena imbasnya.
 “Masalahnya orang yang sangat kusukai hanya ingin main-main. Aku tidak ingin main-main dengan Carlos. Aku akan menuruti keinginannya berlagak seolah hubungan kami hanya sementara dan kasual, tapi setiap kali kami bersama, rasanya terlalu benar untuk menjadi hubungan sementara atau kasual.” – Kiara Westford – hlm. 231
Rules of Attraction adalah seri kedua dari Perfect Chemistry. Jika novel pertama tentang Alex Fuentes dan Brittany Ellis, kali ini cerita berpusat pada adik Alex, Carlos Fuentes dan gadis gagap bernama Kiara Westford.
Novel masih mengusung tentang gengster, narkoba dan kisah cinta berbeda ras. Namun, di novel pertama ketegangan terus melanda, di novel ini lebih terasa ringan meskipun tokoh – Carlos – lebih berandalan dari pada Alex.
Carlos punya sifat ingin selalu memberontak, tidak suka diatur, dan benci peraturan. Dia ingin bebas, melakukan apapun yang dia mau. Tapi, keluarganya memaksanya untuk kembali ke Amerika dan tinggal bersama kakaknya agar dia lebih aman.
Namun, hidup keluarga Fuentes memang selalu punya urusan dengan gangster. Kali ini, Carlos dibuat pusing oleh Bandar narkoba yang menginginkannya menjadi bagian dari mereka. Carlos dijebak hingga hampir masuk penjara. Satu-satunya cara untuk menyelamatkannya, di harus mau tinggal di rumah keluarga Westford dengan berbagai aturan yang membuatnya pusing.
Di sanalah dia semakin jatuh hati pada gadis yang awalnya membuat Carlos kesal. Kiara, gadis itu membuat Carlos harus melupakan semua tekatnya untuk tidak lagi jatuh cinta.
Kiara Westford, dia kebalikan dari Brittany Ellis. Kiara sama sekali tidak feminim. Dia lebih suka tampil dengan kaos kedodoran dan apa adanya. Hobinya mengotak-ngatik mobil dan dia punya kelemahan dalam berbicara. Jika dia sedang gugup, dia akan menjadi gagap.
Namun, Kiara tak selemah apa yang aku rasakan pertama kali. Ternyata, Kiara bisa jadi gadis yang sangat pemberani melawan Carlos. Dia hebat karena bisa mengemukakan apa yang dia rasakan meskipun dia tahu, Carlos bukan orang yang akan menerimanya dengan mudah.
Keluarga Westford adalah jenis keluarga yang cukup sempurna. Dari mereka, kita bisa belajar arti keterbukaan dalam berkomunikasi dalam keluarga. Aku juga suka karakter ayah Kiara dan ibunya yang sangat menyenangkan. Brandon, adik Kiara juga sangat lucu. Dia berhasil memancing sisi lembut Carlos.
Endingnya membuat aku tersenyum. Carlos seperti mendapatkan balasan atas sikapnya dulu kala. Dia harus menghadapi sosok yang sangat mirip dengannya.
Rating 3,4 dari 5 bintang.


3 comments:

  1. Hai kak, aku udah baca novel ini. Baguuusss!

    Bikin gregetan juga karena keberandalan Carlos. Tapi kisah cinta Carlos & Kiara terasa manis dan mengharukan, meski awalnya duuuh, nggak cocok sama sekali. Hehe :D

    ReplyDelete
  2. aku belum baca, penasaran sama novel terjemahan ini. aku orang yang suka banget sama novel terjemahan. aku jadi pengen tau gimana cara penerjemah mengalih bahasakan novel ini ke bahasa indonesia sampe bisa bikin cerita dalam novel ini greget.

    ReplyDelete
  3. ah...baca review ini jadi tertarik baca novelnya full. Tertarik dengan sifat Kiara yg bisa mengemukakan apa yang dia rasakan meskipun dia tahu, Carlos bukan orang yang akan menerimanya dengan mudah. Juga tentang Keluarga Westford yang cukup sempurna itu.

    ReplyDelete

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos