Wednesday, March 11, 2015

Resensi – KHOKKIRI “Adakah orang lain di tubuhku?”



Penulis : Lia Indra Andriana
Penerbit : Haru
Genre : Romance, psychologist
Kategori : Adult, Triangle Love, Family Drama
Terbit : Juli 2011
Tebal : 308 hlm
ISBN : 978-602-98325-1-8
Harga : Rp. 46.000
Kenangan, benarkah dia bisa mengikat jiwa seseorang di dalam dirinya sendiri?
Kisah ini bermula pada sebuah kecelakaan yang menewaskan salah satu dari si kembar, Della atau Becca.
Kemudian, tiga kisah seorang gadis bergulir bergantian, Della, Becca, dan Lucie.
“Setiap detik kau memilih marah atau bersedih, saat itu pula kau melepas kebahagianmu.” – Lara – hlm. 129

Idella Linaryo – Della, penerjemah bahasa Korea yang pandai bergaul, emosional, namun tegar, percaya diri, optimis, juga sedikit sensitif serta ceroboh. Dia memiliki seorang tunangan bernama Richard.
Hubungan mereka semula baik-baik saja. Tapi, setelah Della bertemu ayah Richard, Della sering menghilang.
Della mengaku, akhir-akhir ini dia merasa mengalami sleepwalking. Richard yang berprofesi sebagai dokter, berusaha membantu Della. Namun, Della malah merasa tak nyaman dan akhirnya membuat keduanya bertengkar. Setelah itu, Della benar-benar mengilang untuk sementara dari Richard.
“Di mana senyummu? Aku tahu senyum itu masih ada. Kamu hanya lupa kalau senyum itu tepat di bawah hidungmu.” – Andriel – hlm. 123

Rebecca Linaryo – Becca, blogger sekaligus penulis freelance yang lebih suka menyendiri, cengeng, tapi berjiwa bebas. Dia memiliki kekasih bernama Andriel Jo, seorang fotografer berdarah Indonesia – Korea.
Hubungan mereka bisa dibilang bisa dekat berkat bantuan blog. Becca sangat senang sekali menulis diary-nya di blog-nya. Dan, Andriel sering membaca tulisan Becca dan meninggalkan komentar di sana. Mereka mulai dekat, dan akhirnya merajut sebuah hubungan spesial.
“Aku mencintaimu bukan karena  sempurna. Aku mencintaimu. Itu saja… Aku memutuskan mencintaimu beserta ketidaksempurnaanmu.” – Andriel – hlm. 258

Lucie, si wanita yang sangat semau gue, ceria, sedikit kasar, dan suka sekali dengan kehidupan malam. Dia selayaknya cewek nakal yang begitu tergila-gila pada seks.
Lucie lahir karena trauma masa kecil. Dia tercipta seperti gadis yang semau dia, dan cukup hiperseks juga karena masa lalu. Dia bagian dari diri seseorang yang ingin melarikan diri.
“Aku tidak nyata. Aku tahu itu. Titik. Teoriku benar, kan? Aku tidak nyata?” – Lucie – hlm. 233

Tiga gadis ini, jika harus bertemu pada suatu tempat dengan Andriel dan Richard, kira-kira apa yang terjadi
“Ironis sekali, dua saudara tiri jatuh cinta kepada dua saudara kandung – yang sayangnya, salah satu dari mereka hanya khayalan  semata.” – hlm. 175

Khokkiri, novel romance dengan tema yang sangat berbeda karena menampilkan konflik yang berhubungan dengan DID atau berkepribadian ganda yang berujung pada cinta segitiga antar saudara.
Awalnya, aku merasakan kisah tiga gadis ini punya part sendiri-sendiri, hanya dihubungkan karena sebuah ikatan tertentu, saudara misalnya. Ternyata, tidak. Hubungan mereka tidak sekedar erat, tapi sangat…sangat…sangat melekat.
Della dan Becca jelas saudara. Namun, jika salah satunya sudah meninggal, hubungan Della dan Becca bukan lagi saudara di dalam cerita ini. Begitu juga Lucie, dia tidak bisa dibilang saudara, dibilang nyatapun juga tampak susah.
Nah, ini misterinya. Mereka bertiga. Dan ini konfliknya, D.I.D atau berkebribadian ganda dan cinta segitiga, juga masalah keluarga dalam keluarga Richard dan Andriel, juga dalam keluarga Della dan Becca.
Aku cukup suka dengan dua karakter cowok di novel ini. Richard kekasih Della ini sangat keras kepala namun begitu perhatian. Sedangkan Andriel, kekasih Becca, dia lebih sinis juga kaku, namun saat dia sudah takluk pada wanita, dia jadi manis sekali.
Novel ini seperti teka-teki. Setiap bagian memberi kita clue, namun terkadang membuat kita kembali mendapat pertanyaan. Seperti itu terus sampai akhirnya. Atau, kadang aku malah merasa tak percaya, heran, merasa aneh bahkan kaget dengan kejadian-kejadian yang dituliskan si penulis. Novel ini bisa terasa seperti novel fantasi, atau horror sekaligus.
Yang penasaran, baca aja novel ini. Kira-kira kamu bisa menebak nggak bagaimana jalan ceritanya?
Untuk alurnya cukup cepat. Aku juga lebih suka karakter tokoh-tokoh Lia Indra Andriana di novel ini ketimbang di Paper Romance. (Karena aku baru baca 2 novelnya).
Gaya berceritanya cukup asyik. Dan, aku ngasih rating 2,3 dari 5 bintang.

3 comments:

  1. walah, konflik banget kalau begitu mah. berbau incest gitu ya?

    ReplyDelete
  2. kayaknya imajiner nih novelnya sama ga bisa di tebak alurnya
    adifbrn.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. I Jev : Iya konflik banget, tapi asyik

    Feb : Iya, emang alurnya susah di tebak :D

    ReplyDelete

 

Jejak Langkahku Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos